Materi Komputer


19 Pengertian materi komputer....
berbagi tugas...mari disimakk.....


1).Coba anda jelaskan pengertian dan definisi computer menurut bahasa anda sendiri ?

  • Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang bekerja dibawah kontrol intruksi yang tersimpan di dalam memori yang dapat menerima masukan data (input),kemudian diproses dan menghasilkan keluaran informasi  (proses),dan menyimpannya untuk penggunaan lebih lanjut.Tiga unsure yang saling terkait satu sama lain,yaitu Perangkat Keras (Hardware),Perangkat lunak (Sortware),dan Pengguna (Brainware).

2).Apa yang anda ketahui tentang Hardware,software,dan brainware?

  • Perangkat Keras (Hardware),yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses masukan,proses pengolah data dan proses keluaran.Blok diagram Perangkat keras computer sbb :
Perangkat Masukan         →  Perangkat Proses    →  Perangkat Keluaran
   (Input Device)                               (CPU)                         (Output Device)
                                                  ↓             ↑
Media Penyimpanan
                                              (Storage Device)

  • Perangkat Lunak (Software),yaitu suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan atau menjembatani antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (user/brainware).
  • Pengguna (Brainware),yaitu seseorang yang menjalankan / mengoperasikan computer.

3).Jelaskan perbedaan antara ROM dan RAM !

  • ROM (Read Only Memory),yaitu memori yang bersifat permanen,dan dapat dibaca tetapi tidak dapat diperbarui.ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi computer seperti program BIOS dan program booting.
  • RAM (Random Access Memory),yaitu memori yang bersifat sementara.Jika computer mati,maka data  atau program yang  telah tersimpan akan hilang .Memori ini bisa membaca,menulis,serta menyimpan data dan program.

4).Sebutkan contoh-contoh perangkat yang termasuk ke dalam Pointing Device !

  • Mouse,Touch Sreen,Light Pen,Joystick,Alat ini terdiri dari 2 alat yaitu Tablet dan Pensilnya.


5).Apakah yang anda ketahui tentang Optical Characher Recognition?

  • Optical Characher Recognition (OCR) adalah sebuah sistem computer yang dapat membaca huruf,baik yang berasal  dari sebuah pencetak (printer atau mesin ketik) maupun yang berasal dari tulisan tangan.Hal-hal yang dibutuhkan untuk melakukan OCR harus memerlukan sebuah perangkat lunak dan perangkat keras.Scaner merupakan salah satu perangkat keras yang dibutuhkan,sedangkan untuk perangkat lunaknya adalah seperti Omnipage,Abbyy FineReader ,dll.


6).Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian yang terdapat di dalam CPU ?

  • Casing,berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard ,power supply,optical disc drive,hard disk dan lain sebagainnya.Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu,panas,air,atau kotoran lainnya.
  • Motherboard,adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen computer lainnya saling berhubungan seperti processor,video card,sound card,har disk,dan lain sebagainnya.Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen computer  tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
  • Processor,secara garis besarnya merupakan alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dar perjalanan sebuah perintah computer.Semakin tinggi kecepatan processor maka semakin cepat computer dalam memproses berbagai macam data dan itupu harus didukung oleh RAM dan Hardisk yang besar.
  • RAM (Random Access Memory),berfungsi menampung data yang telah terproses oleh prosesor sebelum dialihkan kebagian-bagian yang membutuhkan.
  • VGA( Video Grapich Array) atau kartu grafis adalah perangkat keras computer tang berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor.
  • Sound Card,berfungsi sebagai  prosesor audio PC.Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan digital diinterprestasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonic dalam output dari kartu suara computer.Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem computer,dengan sifat keras diprogramkan dan driver perangkat terpisah.Kartu suara mengontrol semua audio pada computer.
  • Hardisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik.Semakin besar kapasitas harddisk,semakin banyak pula data-data yang dapat disimpan.satuan kapasitas harddisk adalah byte.Fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data.
  • Power Supply adalah bagian dari sistem computer yang berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen computer,power supply dibedakan atas daya yang dimiliki,seperti 300 watt,380 watt,400 watt,450 watt,500 watt,600 watt dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi computer.
  • Optical Disc Drive atau CD/DVD ROM,merupakan piranti yang digunakan untuk membaca dan menulis CD/DVD.Yang termasuk ked alam optical drive adalah CD-ROM Drive,CD-RW Drive,DVD-ROM Drive dan DVD-RW Drive.
7).Apa perbedaan antara Hardcopy Device dan Softcopy Device?

  • Hardcopy Device berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata,angka,karakter khusus dan symbol-simbol) serta image (grafik atau gambar) pada media hard (kertas) seperti kertas atau film.Pada hardcopy umumnya yang digunakan adalah printer
  • Softcopy Device (merupaka output device(alat keluaran)) berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata,angka,karakter khusus dan symbol-simbol) serta image (grafik atau gambar) pada media soft (lunak) berupa signal elektronik.Contoh softcopy device adalah video display (monitor) dan speaker untuk suara.
8).Apa yang anda ketahui tentang Hardisk ?

  • Hardisk merupakan media yang digunakan sebagai alat booting dan penyimpanan data.Hardisk dapat dibedakan menjadi 3 jenis,yaitu IDE (Integrated Devices Electrinics),SCSI (Small Computer System Interface),SATA (Serial Advanced Technology Attachment).Ketiga jenis hardisk tersebut dapat dibedakan dari jumlah pin data yang ada.Jenis IDE mempunyai 40 pin,SCSI mempunyai 50 pin,SATA mempunyai 7 pin.
9).Jelaskan perbedaan antara teknologi CD dan DVD !

  • CD (Compact Disc)dan  DVD (Digital Versatile Disc) merupakan perankat yang penting buat computer.Walaupun sudah ada MMC,SD,Flasdisk,dll tetapi keberadaan CD dan DVD tetaplah  penting.Kebanyakan produsen film games,softwaremasih menggunakan CD dan DVD  dalam pemasarannya.Nah tapi mengapa CD dan DVD bisa berbeda harganya,padahal baik bentuk maupun ukurannya sama tetapi kapasitasnya beda jauh( CD 700 mb,DVD 4700 mb).
  • Panjang gelombang sinar laser,keduanya sama-sama pakai laser merah untuk membaca datanya.Bedanya ada di panjang gelombang.Sinar laser merah pada CD panjang gelombangnya adalah 780 nm (nanometer,atau setara dengan satu per satu milyar meter (10^-9)).sedangkan DVD menggunakan sinar laser merah berpanjang gelombang 650 nm.
  • Numerical Aperature(NA)/Diafragma,besarnya NA /Diafragma untuk CD nilainya 0,45 dan untuk DVD nilainya 0,6.Semakin besar nilainya,semakin besar titik focus yang bisa dibuat oleh lensa.Besarnya diafragma mempengaruhi jarak lapisan data dengan mata laser.
  • Daya tahan,daya tahan DVD lebih baik dari CD karena lapisan data DVD ada di tengah-tengah keeping,jadi lapisan data DVD lebih terlindungi  dari peda lapisan data pada CD.Lapisan data CD hanya dilapisi oleh lapisan label,bila lapisan label tergores,maka di lapisan tergores itu hamper tidak bisa dibaca sama sekali,karena lapisan data sudah rusak.JIka lapisan label /bagian mengkilap pada DVD tergores ,lapisan datanya masih utuh ditengah-tengah.
10).Apakah yang disebut Listrik Statis?

  • Listrik statis adalah fenomena kelistrikan dimana muatan listriknya tidak bergerak.Listrik statis merupakan energy yang dimiliki oleh benda bermuatan listrik.Muatan listrik bisa negative atau positif.Semua zat terbentuk dari atom-atom,setiap atom mempunyai inti atom yang terdiri dari proton dan electron yang mengelilinginya.Contoh balon dan tangan merupakanlistrik netral,sebelum digosok ( jumlah muatan positif dan negatifnya sebanding),setelah digosok balon mempunyai muatan negative berlebih dan tangan mempunyai muatan positif yang lebih.Muatan yang tidak sejenis ini akan tarik menarik,sehingga muatan negative balon ditarik ke muatan positif tangan karena perbedaan muatannya.
11).Apa fungsi dikegunaan Heatsink ?

  • Heatsink adalah logam dengan dasign khusus yang dibuat dari alumunium atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor.Biasanya terbuat dari alumunium,biasanya dipadukan dengan pemakaian Fan pada heatsink untuk mengoptimalkan penyerapan panas yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsink ke luar CPU,ini akan meningkatkan performa kerja computer.
  • Fungsi : Membantu proses pendinginan sebuah processor.Secara teknik,semakin luas permukaan perpindahan panas sebush benda maka semakin cepat proses pendinginan benda tersebut.
12).Apakah yang anda ketahui tentang Jumper,Master,dan Slave?

  • Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector (penghubung) sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard komputer. Master, bisa diartikan harddisk yang memiliki posisi utama. Sedangkan Slave, bisa diartikan harddisk yang memiliki posisi kedua. penggunaan istilah master dan slave biasanya digunakan jika kita menggunakan dua buah hardisk atau lebih (SATA atau IDE) hardisk master maksudnya adalah hardisk utama/prioritas yang biasanya tempat OS (operting sistem seperti Windos XP, Vista,dll di instal) sedangkan hardisk slave maksudnya hardisk kedua atau seterusnya yang digunakan untuk menyimpan data...
13).Apa yang anda ketahui tentang BIOS ?

  • BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System.BIOS merupakan sebuah program atau software antar muka tingkat rendah,yang berfungsi sebagai pengendali/pengontrol  perangkat keras yang terpasang pada  computer.
14).Sebutkan beberapa  menu yang terdapat dalam BIOS setup !

  • Standard CMOS,Advanced BIOS,Advanced Chipset Features,Integrated Peripherals,Power Management Setup,PnP/PCI Configuration,PC Health Status,Load File-safe Defaults(Load Factory Setting),Load Optimized Defaults,Set Supervisor Password,Set User  Password,Save and Exit Setup,Exit Without.
15).Apa yang anda ketahui tentang CMOS ?

  • CMOS atau  Compelementery Metal Oxide Semi conductor.RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat computer sedang dimatikan.CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah.CMOS digunakan untuk menyimpan program konfigurasi,program diagnostic dan informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun computer dimatikan.
16).Apa kegunaan dari Menu Integrated Feriferals ?

  • Mengendalikan fungsi-fungsi tambahan pada motherboard seperti port serial maupun pararel.Nonaktifkan (disabled) sajja yang anda tidak butuhkan untuk dapat membebaskan IRQ.
18).Apakah yang anda ketahui tentang Driver Software ?

  • Adalah sebuah software yang bisa menghubungkan antara hardware dengan computer. Driver digunakan olrh sistem operasi untuk berkomunikasi dengan hardware dan driver itu.Hardware yang terhubung dengan computer seringkali  dibilang khusus karena itu windows tidak dapat terhubung secara langsung tanpa adanya driver,misalkan saja scanner atau printer. Driver bertindak sebagai penerjemah antara sistem operasi dan hardware yang digunakan di computer tersebut.
19..Apa yang anda ketahui mengenai Periferal Device ?

  • Periperal Device / Perangkat tambahan adalah perangkat keras yang dihubungkan ke computer untuk meningkatkan kegunaannya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Materi Komputer"

Posting Komentar